Pages

Rabu, 19 Oktober 2011

10 Mythologi Mesir

1. ANUBIS (Yinepu, Anpu)

Dewa-serigala mumifikasi, dia membantu dalam ritus seorang pria mati agar diterima di neraka. Anubis dipuja sebagai penemu pembalseman dan yang membalsem Osiris ketika mati dan dengan demikian membantu untuk melestarikan kepadanya bahwa ia mungkin hidup kembali.

Anubis digambarkan sebagai seorang pria dengan kepala serigala memegang tongkat ilahi yang dibawa oleh raja-raja dan dewa-dewa; hanya sebagai serigala hitam atau sebagai anjing yang menyertai Isis.


Anubis memiliki tiga fungsi penting. Dia mengawasi pembalseman tubuh. Ia menerima mumi dalam makam dan melakukan upacara Pembukaan Mulut dan kemudian dilakukan jiwa di Bidang Penawaran Surgawi.

Anubis adalah putra Nephthys, dan ayahnya Osiris. Salah satu mitos mengatakan bahwa Nephthys mendapati Osiris mabuk dan rayuan yang dihasilkan melahirkan Anubis. Namun versi lain mengatakan Nephthys menyamar sebagai Isis dan menggoda Osiris dan kemudian melahirkan Anubis.


2. ISIS (Aset)

Isis adalah saudara Osiris (yang juga suaminya), Nephthys dan Seth, putri Nut dan Geb dan ibu dari Horus.

Isis digambarkan sebagai seorang wanita yang mengenakan gaun kepala burung nasar dan disk surya antara sepasang tanduk (yang kadang-kadang namanya ditulis di bawah simbol heiroglyph). Sesekali dia memakai mahkota ganda dari Utara dan Selatan dengan bulu Ma'at, atau sepasang tanduk domba. Isis sebagai wanita (bukan dewi) digambarkan dengan kepala biasa-pakaian seorang wanita, tetapi dengan uraeus di dahinya.

Isis adalah link penting antara dewa dan manusia. Para Firaun adalah anaknya, sebagai Horus hidup. Dalam Teks Piramida firaun menyusu pada Isis.
Dalam Kitab Orang Mati, Isis dianggap sebagai pemberi kehidupan dan makanan untuk orang mati. Dia juga mungkin salah satu hakim orang mati.

Isis adalah seorang penyihir besar dan terkenal untuk penggunaan keterampilan magis nya. Misalnya, dia menciptakan kobra pertama dan digunakan itu gigitan berbisa untuk memaksa Re atau Ra (dewa matahari) untuk mengungkapkan rahasianya.

Dari awal sejarah Mesir sampai akhir, Isis adalah dewi terbesar Mesir. Dia adalah dewi bermanfaat dan cinta ibu yang meliputi setiap makhluk hidup. Isis juga contoh murni dari istri dan ibu mencintai dan itu dalam kapasitas ini bahwa orang-orang Mesir yang paling mencintainya.

3. OSIRIS (Asar, Wesir, Ausar, Unnefer)

Seorang dewa bumi dan vegetasi, Osiris dilambangkan dalam kematian-Nya kekeringan tahunan dan dalam bukunya kelahiran kembali yang menakjubkan, banjir periodik Sungai Nil dan pertumbuhan benih. Dia adalah dewa-raja yang diyakini telah memberi Mesir peradaban.

Osiris adalah anak pertama dari Nut dan Geb, dan oleh karena itu saudara Seth, Nephthys, dan Isis. Ia menikah dengan adiknya, Isis. Dia juga ayah dari Horus dan Anubis. Ini menyatakan Nephthys (ibu Anubis) diasumsikan sebagai wujud dari Isis, yang menggoda dia (mungkin dengan anggur) dan dia menjadi hamil dengan Anubis.

Teks-teks religius tertua merujuk ke Osiris sebagai dewa orang mati, dan seluruh teks ini diasumsikan bahwa pembaca akan mengerti bahwa ia pernah memiliki bentuk manusia dan tinggal di bumi. Sebagai anak pertama dari Geb, raja asli Mesir, Osiris mewarisi tahta saat Geb melepaskannya. Pada saat itu orang - orang Mesir biadab dan tidak beradab.

Nama "Osiris" adalah korupsi Yunani dari nama Mesir "Asar". Ada beberapa kemungkinan seperti apa nama ini berarti (atau Usar.), "Kekuatan Eye", adalah salah satunya. Yang lain adalah "Dia Melihat Arsy". Bentuk tertua dan paling sederhana dari nama tersebut adalah tulisan rahasia dari takhta melalui mata (setidaknya ada 158 versi nama). Pada satu titik suku kata pertama dari nama itu diucapkan "Aus" atau "Kami" dan mungkin telah mendapatkan arti dari kata usr, "kekuatan, mungkin, kekuasaan". Pada saat ini orang Mesir seharusnya nama itu berarti sesuatu seperti "kekuatan Eye" (yaitu, kekuatan dewa Matahari Re.)


4. RE (Ra)

Dewa matahari Annu (Heliopolis, dekat Kairo modern), ia menjadi dewa negara dalam Dinasti Kelima..

Namanya diperkirakan berarti "daya kreatif", dan sebagai "Pencipta".Dalam sejarah awal Mesir, Re diidentifikasi dengan Horus, sebagai elang-dewa mewakili keagungan dari langit. Ia digambarkan sebagai seorang pria berkepala elang atau elang. Sebuah kombinasi dari, Ra-Hoor-Khuit, "Re,adalah Horus dari Horizons" menunjukkan dua manifestasi dari Angkatan surya tunggal.

Re adalah ayah dari Shu dan Tefnut, kakek Nut dan Geb, kakek buyut Osiris, Seth, Isis, Nephthys dan kakek dari Horus.

Melihat bahwa matahari adalah api, orang Mesir percaya bahwa dalam rangka melakukan perjalanan melalui perairan surga dan dunia bawah, yang diperlukan adalah perahu dan ditempuh dalam suatu hari. Pada hari itu, perahu adalah dapur besar yang dikenal sebagai "Madjet" ("menjadi kuat") yang terbit di timur dari belakang "Manu" gunung, matahari terbit dan melewati antara dua sycamore. Saat matahari terbenam diibaratkan Re mendayung perahunya dengan tongkang kecil yang disebut "Semektet" ("menjadi lemah").


5. SETH (Set, Suetekh)

Dianggap sebagai Tuhan Bawah (Utara) Mesir, Seth diwakili oleh hewan bertelinga besar imajiner dengan rambut merah menyerupai keledai atau mungkin suatu aardvark. Ia dikaitkan dengan padang pasir dan badai. Orang-orang Yunani yang meyakini Seth adalah tuhan mereka terwakili dengan Typhon (angin puyuh).

Selama bertahun-tahun, Seth adalah dermawan of Lower Egypt; seperti Horus, dilindungi Mesir Hulu. Ketika Dua tanah menjadi bersatu, Seth dan Horus sering ditampilkan bersama mahkota para firaun baru.

Seth adalah saudara dari Osiris, Isis serta Nephthys yang juga istrinya. Anak Nephthys ', Anubis lahir dari trist dengan Osiris. Seth tidak pernah punya anak, sebagai penekanan dari hubungannya dengan gurun tandus dan statusnya sebagai antitesis dari Osiris subur. Selama pertempuran dengan Horus, dewi Neith disarankan kompromi dengan memberikan Horus takhta dan Semetic Seth dewi Astarte dan ASAT.

Seth yang paling terkenal karena pembunuhan saudara - saudaranya Osiris dan percobaan pembunuhan putra saudaranya, Horus. Horus selamat meskipun dan membalas kematian ayahnya dengan memerintah seluruh Mesir dan mengasingkan Seth ke gurun untuk selamanya. Keputusan untuk membuang Seth datang dari penasihat para dewa, diperintah oleh Re. Sementara sebagian besar dewa Horus dan setuju dengan ibunya Isis bahwa anak Osiris 'adalah pewaris sah takhta Mesir, Re tidak setuju. Dia percaya bahwa Horus masih terlalu muda untuk memegang posisi yang kuat. Jadi, sidang itu jalan buntu selama bertahun-tahun. Hanya Isis yang licik yang bisa membawa kasus itu berakhir.

Menggunakan sihirnya, Isis mengubah diri menjadi wanita muda yang cantik. Seth melihatnya dengan air mata mengalir menuruni wajahnya dan bertanya apa masalahnya. Isis bercerita tidak berbeda dengan situasi dirinya dan Horus, di mana orang jahat telah membunuh suaminya dan berusaha mencuri ternak keluarganya. Seth menjadi marah pada nasib dan bersikeras bahwa orang jahat akan dihancurkan dan bahwa anak perempuan muda itu harus mewarisi keluarga. Dengan kata-katanya sendiri, mengutuk dirinya Seth, dan kehilangan tahta Mesir.

Seth bukanlah sosok yang benar - benar jahat. Dia dilindungi tongkang matahari Re, dermawan selama perjuangan dengan Horus, selama perjalanan malam melalui neraka dan saat berkelahi dengsn Apep rakasa seperti ular. 


6.ANQET (Anuket, Anukis, Anket)

Anqet adalah dewi pulau Sahal, dekat Katarak Pertama Nil. Dia ditampilkan sebagai seorang wanita yang mengenakan mahkota bulu burung unta. Binatang suci-nya rusa tersebut. Dia adalah putri Satet, istri Khnemu. Bersama, tiga dewa membentuk Triad dari Elephantine, para dewa utama kota itu. Anqet juga dikenal sebagai dewi sungai Nil.







 7. MERETSEGER (Goddess of the Valley of the Kings.)

Meretseger adalah dewi Lembah Para Raja, pekuburan terkenal di luar dari Thebes. Dia diyakini tinggal di sebuah gunung berbentuk piramida yang naik seribu meter di atas Lembah Para Raja. Pada zaman kuno, gunung itu bernama setelah dia. Dia juga disebut "Dehenet Imentet", yang berarti "Puncak dari Barat". 







8. NEPHTHYS(Nebt-het, Nebhet)

Nephthys adalah putri dari Geb dan Nut dan adik Osiris, Isis dan Seth. Dia juga istri dari Seth. Nama "Nebt-het" berarti "nyonya rumah." Dengan "rumah" itu dipahami sebagai bagian dari langit di mana Horus tinggal. Nephthys digambarkan sebagai seorang wanita yang mengenakan di kepalanya simbol namanya, atau simbol di atas sepasang tanduk.





9. SATET (Sati, satis)

Satet adalah mitra perempuan utama Khnemu dan dipuja di Elephantine (Abu). Dia adalah ibu dari dewi, Anqet.










10. HORUS (Hor, Heru, Nya)

Dewa berkepala elang. Horus merupakan salah satu dewa paling penting dari Mesir. Horus disebut - sebut sebagai anak Atum, atau Re, atau Geb dan Nut. Ada banyak versi mengenai silsilah Horus ini. 









0 komentar:

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:

Posting Komentar